sh.st/tVdGD sh.st/tCXMj Semarakkan copy paste artikel dengan Etika

Semarakkan copy paste artikel dengan Etika

HASTA - Beberapa bulan yang lalu saya membuat artikel diblogger tapi artikel tersebut di copy paste oleh teman saya. Dan dia saya tegur agar tidak copy paste artikel diblog seseorang secara mentah - mentah... Eh, dianya malah marah.. Inilah yang membuat saya kesal.
oke.. saya ikhlaskan, seandainya saja orang tersebut menyertakan link sumber saya pasti senang. 

Kasus diatas memberikan inspirasi Bagaimana kalau menyemarakkan budaya copy paste dengan Etika? ya.. yaitu dengan menyertakan link hidup di bagian akhir tulisan.

Bukankah ada script anti klik kanan, anti klik, anti copy, auto generate source? Memang benar, mungkin efektif untuk blogger yang masih belajar, yang berniat mengopy artikel sobat, tapi bagaimana dengan blogger pintar? Bagaimana lagi jika blog sobat adalah blog tutorial yang mengharuskan copy code tertentu? Ini rumit..

Kalau memang tidak mau menyertakan link sobat bisa hanya dengan menulis ulang artikel tersebut, dengan memahami pikiran utamanya, atau dengan menyebutkan nama penulis disela-sela kalimat pengantar sobat. Saya rasa cara ini sangat bijak.

Tidak ada ruginya dengan cara-cara diatas, sebab user sobat salut dengan cara demikian. Sehingga artikelnya bisa dipertanggungjawabkan.

Nah, mulai sekarang mari kita buat link hidup sebagai sumber artikel copy paste kita tersebut.

contoh cara bijak yang bisa dilakukan :

_______________________________
Dengan pengubahan seperlunya : source 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...